Rabu, 31 Januari 2018

PENGERTIAN WOSM

 
                                                             https://www.google.co.id/search?q=gambar+wosm&source
         
             WOSM merupakan kependekan dari The World Organization Scout Movement . WOSM adalah organisasi kepanduan dunia di luar pemerintahan yang menaungi gerakan pramuka di dunia. WOSM ini di dirikan pada tahun 1920 dan berpusat di Genewa, Swiss. WOSM ini di dirikan oeh Robert Baden Pawell, yang tak lain adalah bapak pandu dunia.
            WOSM memiliki tujuan untuk mendidik kaum muda sesuai dengan janji pramuka dan hukum pramuka dan juga untuk membantu membangun dunia agar menjadi lebih baik.
      Sebenarnya WOSM memilikinteman yang di sebut WAGGGS ( World Association of Girls Guides and Gild Scout.), tapi pada tahun 2001 gerakan pramuka sudah tidak menggunakan lambang WAGGGS tersebut.
    WOSM memiliki arti kiasan sebagei berikut :

  •  KOMPAS : melambangkan suatu peringatan bagi pandu / pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat di percaya seperti fungsi kompas, serta tetep menjaga cita - citanya dan perannya sebagei petunjuk jalan.
  • TREEFOIL / BUNGA DENGAN TIGA UJUNG : melambangkan tiga janji pandu / Scout promise / Trisatya.
  • DUA BINTANG : melambangkan anggota pandu / pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  • TALI MELINGKAR DENGAN UJUNG MEMBENTUK SIMPUL MATI : melambangkan bahwa sesama pandu / pramuka mengadakan hubungan persahabatan dari persaudaraan antar pramuka di seluruh dunia.
  • WARNA PUTIH : melambangkan jiwa yang berhati suci.
  • WARANA DASAR UNGU : melambangkan bahwa pandu / pramuka memiliki keterampilan dan suka menolong orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAMUKA GARUDA

            Pramuka Garuda merupakan sebutan bagi pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang ...