Minggu, 25 Februari 2018

TONGKAT PRAMUKA

       Selain sebagei kelengkapanbagi seorang pramuka, tongkat mempunyai banyak kegunaan (multiguna),dan tongkat merupakan kebanggaan bagi seorang pramuka,biasa di sebut sahabat pramuka, hal ini bisa di buktikan dengan pemberian tongkat pada waktu pelantikan.
       Keguaan tongkat pramuka diantaranya :

  1. Sebagei tiang tenda / tenda darurat ( bivak )
  2. Sebagei tiang bendera 
  3. Sebagei tempat sepatu
  4. Sebagei alat penghalau hewan liar, misalnya untuk mengusir anjing galak 
  5. Untuk menyebrangi selokan 
  6. Sebagei tiang jemuran
  7. Untuk membuat jembatan kecil
  8. Untuk kelengkapan baris - berbaris
  9. Untuk alat bela diri
  10. Untuk membuat tandu
Ukuran tongkat yang baik 160 Cm ( agar bermanfaat bila di gunakan untuk tandu ), tetapi menurut baden powell tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing - masing pandu.
Tongkat merupakan pertolongan yang bernilai saat pramuka melakukan suatu pengembaraan di daerah yang banyak batu - batunya dan saat berjalan di malam hari, tongkat juga dapat di ukur / di tandai oleh bermacam - macam tanda yang yang mengingatkan kita pada berbagei peristiwa penting.
       Sejarah Penggunaan Tongkat
   Tongkat dalam kehidupan manusia banyak manfaatnya,tongkat sudah di kenal sejak peradaban manusia ada di muka bumi, yang penting tongkat bisa bermanfaat untuk manusia tergantung pada niat manusia itu sendiri .
   Tongkat pernah mendampingi Nabi Nuh As, Nabi Musa As, Nabi Sulaiman As, Nabi Isa As, Nabi besar umat muslim Muhammad SAW,serta hampir sertiap manusia pernah menggunakan / berhubungan dengan tongkat , ukuran tongkat beraneka ragam ,tergantung keperluan pemakeinya, ada yang berukuran 2 m, 70 m, dll.
Bahan sang tongkat beraneka ragam pula ada yang ada yang terbuat dari kayu , bambu, dan bahan logam lain dll. Manfaat sang tongkat pun tergantung juga pada memakeinya, ada yang di pakei di sifat darurat, kesehatan , dan sebagei ciri / sebagei kedudukan seseorang , perlengkapan upacara, / untuk sekedar alat penambah kepercayaan diri.
- Tongkat darurat misalnya untuk mengambil buah pada dahan yang sukar di jangkau, di buat tanda koma, di buat pikulan dsb.
- Tongkat kesehatan , contoh tongkat berukuran kecil : akupuntur, refleksi, dsb.
- Tongkat juga dapat di gunakan untuk menggantungkan bendera panji - panji dll, tongkat yang di gunakan untuk ciri atau kedudukan atau jabatan ,contoh tongkat panglima/ komandan di kalangan militer dan kepolisian , tongkat juga di gunakan rohaniawan, seperti pendeta dsb.
       Tongkat Pandu Fersi Baden Pawell

Tongkat yang di gunakan oleh sang pramuka berukuran 160 cm, harus multi fungsi,harus sesuai dengan uraian di atas , contoh : tongkat pramuka harus dapat di gunakan alat ukur senjata terhadap ular/ anjing liar ( alat pertahanan ),alat kesehatan ( tandu / blangkar ) ,juga bisa untuk aksesoris tongkat yang di bawa sang pramuka tentu harus mengetahui manfaatnya, manfaat tngkat yang selalu di bawa ada 2 macam : 1, tongkat yang di bawa pemimpin regu,
                                      2. tongkat yang di bawa anggota regu .
  Perbedaan antara ke duanya adalah pada tongkat pemimpin regu terdapat , bendera regu, ring untuk mencatatkan wimple, totem ( kepala tongkat ), dan namaa - nama anggota regu, sedangkan pada tongkat anggota regu tidak ada.
  Totem / kepala tongkat ,bermacam - macam sesuai kreasi anggota regu, ada yang berbentuk bola seperti telur, ada yang berbentuk kepala binatang sesuai namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAMUKA GARUDA

            Pramuka Garuda merupakan sebutan bagi pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang ...